Evolusi Honda Vario: Dari Awal Hingga Saat Ini
Siapa sih yang tidak kenal dengan Honda Vario, skutik dari Honda yang memiliki banyak pengguna dan peminatnya di Indonesia. Nah, pada kesempatan kali ini, saya akan menjelaskan mengenai sejarah dan evolusi Honda Vario yang telah menjadi legenda di jalanan Indonesia selama lebih dari 18 tahun.
Vario pertama kali diluncurkan pada tahun 2006. Honda Vario telah menjadi salah satu skutik matic terlaris di Indonesia dan telah menemani perjalanan ribuan bahkan mungkin jutaan orang di Indonesia.
Mengutip laporan dari Astra Honda Motor, penjualan Honda Vario di Indonesia pada tahun 2022 mencapai 1.722.309 unit. Data ini menunjukkan bahwa Vario masih menjadi salah satu skutik matic terlaris di Indonesia.
Generasi Honda Vario
Generasi Pertama (2006) Honda Vario CW
Honda Vario generasi pertama diluncurkan pada tahun 2006 sebagai respons terhadap popularitas skutik di Indonesia yang saat itu didominasi oleh Yamaha Mio.
- Motor ini menjadi skutik pertama di Indonesia yang mengusung mesin berpendingin cairan, menampilkan desain futuristis dan maskulin.
- Honda Vario generasi pertama memiliki mesin 108cc, teknologi pendingin cairan, parking brake lock, dan idling stop system.
Generasi Kedua Vario Techno (2009)
Tiga tahun setelah generasi pertama, Honda meluncurkan Vario Techno dengan desain yang lebih modern dan futuristis.
- Meskipun tidak ada perubahan spesifikasi mesin, Vario Techno memperkenalkan teknologi baru seperti CBS (Combined Brake System) untuk pengereman.
Generasi Ketiga Vario 125 PGM-FI (2013)
Peningkatan signifikan pada desain dan mesin, dengan kapasitas ditingkatkan menjadi 125cc dan fitur idling stop system untuk efisiensi bahan bakar. Juga dilengkapi dengan ACG starter yang lebih senyap
Desainnya juga dimodifikasi untuk memuat helm dengan lebih nyaman, serta menambahkan fitur-fitur baru diatas.
Generasi Keempat Vario 110 eSP (2015)
Dengan berakhirnya era karburator, Honda memperbarui Vario 110cc menjadi lebih compact, meskipun mesinnya di-downgrade menjadi berpendingin udara. Fitur baru termasuk lampu LED dan answer back system.
Pada generasi ini terdapat perubahan kapasitas mesin dari 125 cc ke 110 cc dan merubah pendingin cairan ke pendingin udara. Tidak tahu apa yang menjadi alasannya men-downgrade varian ini.
Generasi All New Honda Vario 125 & 150 (2015)
Pada varian All New Honda Vario 125 & 150 (2015) terdapat beberapa perbedaan signifikan dibandingkan dengan versi sebelumnya, yaitu:
Desain
- Desain keseluruhan lebih sporty dan modern dengan lekukan yang tajam
- Lampu depan menggunakan LED
- Vario 150 dilengkapi dengan lampu sein LED dan DRL (Daytime Running Light)
- Spidometer analog-digital baru dengan informasi yang lebih lengkap
- Desain velg baru yang sporty
Mesin
- Mesin 125cc dan 150cc baru dengan teknologi eSP (Enhanced Smart Power) yang lebih hemat bahan bakar dan bertenaga
- Vario 150 dilengkapi dengan teknologi PGM-FI (Programmed Fuel Injection) untuk performa yang lebih optimal
- Sistem starter elektrik pada kedua varian
Fitur:
- Bagasi yang lebih luas (18 liter)
- Socket power untuk mengisi daya gadget
- ISS (Idling Stop System) yang mematikan mesin saat berhenti untuk menghemat bahan bakar (hanya pada Vario 150)
- CBS (Combi Brake System) yang mendistribusikan pengereman ke roda depan dan belakang secara bersamaan (hanya pada Vario 150)
Generasi All New Honda Vario (2018)
Honda kembali melakukan pembaruan pada Vario dengan desain yang lebih segar dan fitur-fitur terkini untuk meningkatkan kenyamanan dan keamanan pengendara.
All New Honda Vario 160: Terbaru, Honda telah meluncurkan Vario dengan mesin 160cc, menandai evolusi terbaru dari skuter matik ini dengan performa yang lebih kuat dan desain yang lebih sporty
All New Honda Vario 2018 membawa berbagai perubahan signifikan dibandingkan dengan generasi sebelumnya (2015) pada beberapa aspek, yaitu:
Desain:
- Tampilan lebih futuristik dan sporty dengan lekukan tajam dan garis tegas
- Lampu depan LED dengan desain baru yang lebih sipit
- Lampu sein LED dan DRL (Daytime Running Light) yang lebih modern
- Spidometer full digital dengan informasi yang lebih lengkap dan mudah dibaca
- Desain velg baru yang sporty dengan aksen warna
- Penambahan emblem "Vario" di bagian depan dan samping
Mesin:
- Mesin 125cc dan 150cc baru dengan teknologi eSP (Enhanced Smart Power) yang lebih bertenaga dan hemat bahan bakar
- Vario 150 dilengkapi dengan teknologi PGM-FI (Programmed Fuel Injection) untuk performa yang lebih optimal
- Sistem starter elektrik pada kedua varian
Fitur:
- Bagasi yang lebih luas (18 liter) dengan lampu LED
- Socket power untuk mengisi daya gadget
- ISS (Idling Stop System) yang mematikan mesin saat berhenti untuk menghemat bahan bakar (hanya pada Vario 150)
- CBS (Combi Brake System) yang mendistribusikan pengereman ke roda depan dan belakang secara bersamaan (pada semua varian)
- Smart Key System (keyless ignition) pada semua varian
- Anti-lock Braking System (ABS) pada varian 150cc ABS
Varian:
- Vario 125 tersedia dalam dua varian: CBS dan CBS-ISS
- Vario 150 tersedia dalam empat varian: CBS, CBS-ISS, ABS, dan ABS dengan Smart Key System
Generasi All New Honda Vario 160
All New Honda Vario 160 yang diluncurkan pada tahun 2022 membawa berbagai perubahan signifikan dibandingkan dengan generasi sebelumnya (2018) di berbagai aspek, yaitu:
Desain:
- Desain yang lebih sporty dan modern dengan lekukan yang tajam dan agresif
- Lampu depan LED dengan desain "V" yang lebih tajam
- Lampu sein LED depan dan belakang
- Spidometer full digital dengan desain baru yang lebih informatif
- Desain velg baru yang sporty dengan aksen warna
- Penambahan emblem "Vario" 3D di bagian depan
Mesin:
- Mesin eSP+ 160cc baru dengan teknologi 4 katup dan pendingin cairan yang menghasilkan tenaga lebih besar dan performa yang lebih optimal
- Konsumsi bahan bakar yang lebih hemat
- Sistem starter elektrik pada kedua varian
Fitur:
- Bagasi yang lebih luas (18 liter) dengan lampu LED dan USB charging port
- Smart Key System (keyless ignition) pada semua varian
- Anti-lock Braking System (ABS) pada semua varian
- Traction Control System (TCS) pada varian Prestige (opsional)
- Idling Stop System (ISS) yang mematikan mesin saat berhenti untuk menghemat bahan bakar
- Combi Brake System (CBS) yang mendistribusikan pengereman ke roda depan dan belakang secara bersamaan
- Assist & Traction Control System (HSTC) pada varian Prestige (opsional)
Varian:
- Vario 160 tersedia dalam dua varian: CBS dan ABS
Nah, itulah sejarah panjang perubahan dan evolusi Honda Vario dari pertama kali hadir di Indonesia pada tahun 2006 hingga sekarang (2024) artikel ini saya terbitkan.
Semoaga bisa menambah wawasan dan juga informasi bagi kita semua. Terima kasih sudah berkunjung dan saya mohon maaf apabila terdapat kesalahan dalam penulisan.
Saya merangkum dan mengumpulkan informasi secara online dari sumber Astra Honda Motor dan beberapa video dari Youtube.
Apabila ada kesalahan dalam penulisan mohon kiranya koreksi dari para pembaca sekalian.
Posting Komentar untuk "Evolusi Honda Vario: Dari Awal Hingga Saat Ini"